Skip to content

Beberapa Aspek Khusus Fungsi Somato-Sensorik

Mei 12, 2010

Fungsi Talamus pada Sensasi Somatik

Informasi rasa taktil oleh talamus disalurkan ke korteks. Kerusakan korteks somatosensorik manusia, akan menyebabkan kehilangan sebagian besar rasa taktil yang kritis (tapi hanya sedikit rasa taktil kasar yang dapat pulih kembali). Sehingga talamus mempunyai sedikit kemampuan mendiskriminasi sensasi taktil.

Sebaliknya, hilangnya korteks somatosensorik mempunyai sedikit pengaruh pada kemampuan persepsi terhadap sensasi nyeri dan cukup besar pengaruhnya pada persepsi suhu. Oleh karena itu, batang otak, talamus, dan region basal otak lain sangat berperan dalam diskriminasi rasa ini.

Pengaturan Korteks terhadap Sensitivitas Sensorik-“Sinyal Kortikofugal”

Selain sinyal somato-sensorik yang dijalarkan dari perifer ke otak, sinyal kortikofugal dijalarkan dengan arah kebalikan dari korteks serebral ke daerah penyiaran sensorik yang lebih rendah di talamus, medulla oblongata, dan medulla spinalis; yang mengendalikan sensitivitas senosorik yang masuk.

Sinyal kortikofugal bersifat menghambat, dengan demikian ketika intensitas yang masuk terlalu besar, sinyal kortikofugal secara otomatis mengurangi penjalaran dalam nuclei penyiaran

Lapangan Segmen Sensasi-Dermatom

Tiap saraf spinal mempersarafi suatu “lapangan segmen” kulit (dermatom). Gambar melukiskan bermacam-macam dermatom dengan batas yang jelas, padahal sebenarnya ada banyak segmen dermatom saling tumpang tindih.

Gambar memperlihatkan regio anal tubuh yang terletak pada dermatom segmen medulla spinalis paling distal: dermatom S-5, pada embrio, disebut regio ekor dan bagian tubuh paling distal. Kaki tumbuh dari segmen lumbal dan bagian atas sacral (L-2 – S-3), dan bukan dari segmen sacral distal (S-5).

Penggunaan peta dermatom untuk menentukan kerusakan medulla spinalis bila ada gangguan sensasi perifer.

Referensi

Guyton A. C, Hall J. E. 1997. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Edisi 9. Jakarta : EGC.

Referensi Gambar

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: